Untuk kamu yang saat ini sedang duduk di bangku kelas 12 SMA/SMK, tentu sedang dipusingkan dengan jurusan yang harus dipilih pada saat mendaftar perguruan tinggi nanti. Ya, hal tersebut tentu saja wajar dirasakan oleh para siswa yang sebentar lagi akan disibukkan dengan berbagai ujian. Akan tetapi, sebagian siswa biasanya sudah tahu harus mengambil jurusan apa pada saat kuliah nanti dan biasanya sesuai dengan minat serta passion mereka. Perguruan tinggi di Indonesia, baik negeri maupun swasta menyediakan banyak sekali jurusan yang bisa kamu pilih. Mulai dari jurusan untuk rumpun saintek hingga rumpun soshum. Salah satu jurusan populer yang biasa dipilih oleh siswa rumpun saintek adalah ilmu pertanian. Namun, tidak semua siswa tahu dengan detail mengenai jurusan ini. Jadi, simak penjelasann di bawah ini, yuk.

Apa itu Jurusan Ilmu Pertanian?

Jurusan ilmu pertanian merupakan sebuah bidang studi yang mengkaji manusia pada pengembangan sumber daya alam serta lingkungan supaya berdayaguna untuk keperluan kebutuhan hidup. Jurusan ini lebih banyak belajar dengan memakai pendekatan biologis. Contohnya adalah penelitian mikroorganisme dan bidang pengolahan, jenis tanaman, jenis ternak, teknik pengembangan budidaya, konservasi lingkungan, kebijakan pertanian, dan lain sebagainya.

Kenapa Harus Memilih Jurusan Ini?

Akan ada banyak sekali keuntungan yang kamu dapat sebagai mahasiswa jurusan ilmu pertanian. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

  1. Banyak instansi pemerintah yang membutuhkan lulusan jurusan ilmu pertanian dalam berbagai posisi. Contohnya di Kementerian Pertanian yang membutuhkan tenaga pengawas untuk benih tanaman, tenaga pengendali organisme pengganggu pada tanaman, dan lain sebagainya.
  2. Sebagai negara agraris, pertanian merupakan komoditas utama. Oleh karena itu, prospek kerja lulusan jurusan ilmu pertanian selalu terbuka dengan lebar. Kamu juga bisa membangun usaha sendiri di bidang pertanian.
  3. Mahasiswa jurusan ilmu pertanian mempunyai peran pada masyarakat untuk mengenalkan tata cara pengelolaan lahan pertanian dengan cara-cara yang modern. Dengan begitu, secara tidak langsung kamu membantu para petani dalam meningkatkan hasil panen mereka.
  4. Jika kamu adalah tipikal orang yang senang melakukan eksperimen, maka kamu bisa bekerja di lembaga penelitian untuk menciptakan temuan-temuan baru yang kreatif.

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Pertanian

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lulusan ilmu pertanian mempunyai prospek kerja yang sangat luas. Bahkan tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Di bawah ini adalah beberapa prospek kerja untuk lulusan ilmu pertanian.

  • Peneliti

Pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang senang melakukan eksperimen di laboratorium dan menciptakan berbagai penemuan varietas baru. Jadi, jika kamu mempunyai minat pada bidang ini, kamu bisa banget mencoba peruntungan bekerja sebagai peneliti.

  • Akademisi

Tidak semua orang mempunyai kemampuan mengajar yang baik. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki kemampuan tersebut dan tertarik pada dunia pendidikan, tidak ada salahnya mencoba bekerja sebagai akademisi. Akan tetapi, menjadi akademisi pendidikan minimal yang harus ditempuh adalah Strata 2.

  • Konsultan Pertanian

Saat ini banyak orang yang membutuhkan bantuan konsultan pertanian terkait dengan sektor industri pada bidang ini. Maka dari itu, pastikan kamu memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya setelah lulus nanti.

  • Instansi Pemerintah

Kamu juga bisa bekerja di instansi pemerintah, seperti Kementerian Pertanian. Tentu saja di instansi tersebut peluang besar sudah menantimu.

  • Surveyor

Sebagai lulusan ilmu pertanian, kamu bisa bekerja sebagai surveyor pada Badan Koordinasi Survei. Gaji yang ditawarkan juga lumayan besar loh.