Pertanian merupakan kegiatan yang sangat penting dan tidak aka nada habisnya. Hal ini karena pertanian merupakan kegiatan yang dapat menentukan ketahanan pangan suatu daerah. Untuk mencapai keberhasilan dalam Bertani tentu dibutuhkan kemampuan dalam bidang pertanian agar tanaman bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. 

Namun, banyak orang yang menyerah hanya karena tidak mau belajar  dan kapok dengan kegagal di awal menjalankan pertanian. Padahal Bertani itu sebenarnya mudah jika kita mau terus belajar, tekun, dan giat berusaha.

Saat ini informasi mengenai bidang pertanian dapat dengan mudah kita pelajari dari internet maupun buku. Hal tersebut membuat petani menjadi mudah untuk mendapatkan ilmu tentang bercocok tanam, pemberian pestisida, cara pengolahan hingga cara penjualan produk pertanian Dengan adanya kemudhan tersebut seharusnya generasi muda sadar untuk tidak gengsi dalam menekuni bidang pertanian.

Kemudahan akses informasi dalam bidang pertanian ini sangat memudahkan kita untuk mengembangkan serta berinovasi dalam bidang pertanian sehingga hasilnya menjadi melimpah dan kinerjanya juga lebih ringan. Resiko gagal panen memang akan selalu ada, tetapi kita dapat melakukan berbagai upaya pencegahan sehingga tidak merugi.

Setiap usaha pasti memiliki resiko masing-masing. Yang terpenting adalah kita harus selalu berupaya untuk meminimalisir terjadinya resiko dan berusaha untuk mengatasinya sebaik mungkin. Nah, berikut adalah tips yang dapat anda praktekan atau dijadikan referensi dalam bertani.

  • Mempelajari Ilmunya Terlebih Dahulu

Kebanyakan petani yang sukses tidak asal-asalan dalam menanam. Mereka sudah mempelajari dan mencari beragam referensi mengenai bidang pertanian. Ketika anda sudah mempunyai modal, jangan tergesa-gesa untuk langsung menanam. Karena jika asal tanam, kemungkinan gagalnya pasti sangat besar.

Sebaiknya pelajari dulu ilmunya sebelum memulai bercocok tanam.  Kita harus mengetahui karakter tanaman, musim, cara perawatannya, dan pemupukannya agar kemungkinan keberhasilannya tinggi. Memang dalam mempelajari bidang pertanian butuh waktu berhari-hari bahkan sampai berminggu-minggu. Tetapi hal ini sangat penting bagi semua petani. Jadi jangan sepelekan ya.

  • Gunakan Bibit Unggul

Pemilihan bibit juga sangat penting. Bagi yang baru belajar/memulai Bertani sebaiknya menanam varietas yang tahan penyakit. Biasanya keunggulan varietas tersebut sudah dijamin oleh produsen benih dan tahan penyakit tertentu sesuai dnegan keterangan yang ada di label. Triknya yaitu anda bisa memilih varietas tanaman yang tahan penyakit sesuai musimnya. Hal ini merupakan cara bertani yang anti gagal.

  • Memilih Tanaman Sesuai Musim

Sebelum menanam, sebaiknya kita harus memperhatikan musim dan varietas tanaman yang akan ditanam sehingga sesuai. Misalnya tanaman cabe, buahnya sangat rentan terserang patek (antraknosa) saat musim hujan sedangkan daunnya mudah keriting dan terserang bulai di puncak kemarau. Oleh karena itu, sebaikya menanam cabe dimulai saat akhir musim penghujan (Februai-Maret)  dan penen diawal musim kemarau.

  • Berikan Pemupukan yang Sesuai Kebutuhan

Pemupukan yang berlebihan justru akan membuat tanaman tumbuh abnormal. Salah satu jenis pupuknya yaitu pupuk Nitrogen. Ketika musim kemarau Nitrogen sangat dibutuhkan oleh tanaman, tetapi ketika musim penghujan Nitrogen sangat melimpah pada air hujan. Sehingga saat musim penghujan tidak perlu diberikan pupuk Nitrogen.

Tanaman kacang-kacangan memiliki kemampuan untuk fiksasi unsur Nitrogen sehingga tidak membutuhkan Nitrogen yang banyak meskipun musim sedang kemarau. Kebanyakan tanaman jenis ini hanya membutuhkan Nitrigen saat awal pertumbuhan dan berkurang kebutuhannya ketika memasuki masa berbunga (generatif).

  • Mengolah Hasil Pertanian Sendiri

Untuk meningkatkan harga jual kita bisa mengolah hasil panen terlebih dahulu agar produk memiliki nilai jual yang lebih tinggi dariapada produk mentah. Hal ini membuat kita bisa menjual hasil panen kita sendiri tanpa melalui tengkulak. Tetapi kita harus punya strategi agar produk kita dapat dipasarkan dengan baik.

Itulah beberapa tips sukses bertani. Tips ini bukan hanya untuk orang tua, tetapi sebagai generasi muda sebaiknya kita menyadari bahwa pertanian  di Indonesia memiliki potensi yang besar karena tanahnya subur.