Salah satu cara bertani agar sukses dengan hasil yang melimpah yaitu dengan memilih bibit yang unggul. Dalam memilih bibit kita harus benar-benar tepat agar bisa tumbuh menjadi tanaman dengan hasil yang bagus. Karena jika bibit sudah tidak baik maka kemungkinan gagal panen sangatlah besar. Oleh sebab itu anda harus mengetahui cara tepat dalam memilih bibi yang berkualitas unggul. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini :

  • Coba Rendam Dalam Air

Langkah awal untuk memilih bibit yang unggul yaitu dengan merendamnya dalam air. Kemudian perhatikan apakah tenggelam atau melayang. Nah, jika bibit tenggelam maka itu bibit yang unggul dan jika melayang itu tandanya bibit tidak unggul. Jadi, buang saja bibit yang melayang karena kemungkinan bisa tumbuhnya sangat kecil.

  • Perhatikan Permukaan Bibit

Setelah melakukan cara di atas, langkah selanjutnya yaitu perhatikan permukaan bibit. Pastikan tidak ada bekas gigitan serangga ataupun ulat. Selain itu bibit yang unggul terlihat lebih segar dan kuat saat ditekan.

  • Pilih Yang Sudah Tersertifikasi

Jika ingin memastikan bibit itu benar-benar unggul, kami sarankan untuk membeli bibit yang sudah tersertifikasi oleh pihak instansi pertanian yang berkaitan.

  • Memiliki Akar Yang Banyak

Bibit yang unggul memiliki akar primer dan sekunder yang banyak. Dan proses tumbuhnya akan lebih cepat seiring berjalannya waktu. Bibit juga tidak akan mati meskipun perubahan cuaca.

Itulah beberapa cara dalam memilih bibi yang unggul yang bisa anda praktekan. Pelajari dengan baik ilmu tentang bertani sebelum mempraktekannya agar memperkecil kemungkinan untuk gagal panen. Semoga dengan membaca artikel ini bisa membantu para petani semua..